Alun-Alun Kota Malang

Kalau kamu punya rencana liburan ke Jawa Timur, jangan lupa untuk mampir ke Malang. Walaupun popularitas kota yang terkenal dengan buah apelnya ini tidak seperti Pulau Dewata, namun minat wisatawan untuk berlibur di kota ini terbilang tinggi, baik dari dalam maupun luar negeri.

Berada di propinsi Jawa Timur, tepatnya 90 km di sebelah selatan kota Surabaya, Kota malang berada di ketinggian 480 – 667 meter diatas permukaan laut. Sehingga tidak heran jika suhu udara di tempat ini jauh lebih sejuk dibandingkan ibu kota Jawa Timur itu.

Sebenarnya, membicarakan mengenai kota Malang memang tidak akan ada habisnya, ada banyak hal yang bisa di eksplor dari kota yang dijuluki Kota Batu ini. Mulai dari budaya, festival rutin yang diadakan, destinasi wisata sampai dengan oleh-olehnya.

Gunung Bromo

Salah satunya adalah wisata gunung Bromo yang menjadi alasan kenapa banyak orang datang ke kota wisata yang satu ini. Walaupun sebenarnya, gunung yang dianggap suci oleh suku Tengger ini tidak tepat terletak di Malang. Melainkan terletak diantara gabungan 4 daerah, yakni Kabupaten Malang, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Lumajang.

Namun, kita tidak akan membahasnya dalam kesempatan kali ini, karena kita akan membahas mengenai destinasi wisata lainnya di Kota Malang yang tidak kalah menyenangkan untuk dikunjungi. Lalu, dimana saja destinasi wisata tersebut? Mari simak penjelasannya berikut ini!

  • Taman Bunga Selecta

Taman Bunga Selecta

Selain dijuluki Kota Batu, Malang juga memiliki julukan lain, yakni Kota Bunga. Dan mengunjungi destinasi wisata di Malang ini akan semakin mengukuhkan predikat tersebut. Ialah Taman Bunga Selecta.

Jika kamu pernah berkunjung ke Taman Bunga Nusantara di kawasan Puncak, taman bunga Kota Malang ini pun memiliki pemandangan yang sama indahnya.

Di taman yang berada diatas area seluas 18 hektar ini, kamu bisa menikmati keindahan berbagai jenis bunga dari penjuru dunia yang ditata apik ala arsitektur Belanda.

  • Museum Angkut

Museum Angkut Kota Malang

Tempat wisata yang satu ini cocok untuk dikunjungi bersama dengan keluarga dan anak-anak. Karena di destinasi wisata ini, kamu tidak hanya mendapatkan hiburan saja, tapi juga wisata edukasi. Ada beragam koleksi mobi dari jaman dahulu hingga saat ini.

Jadi, kalau kamu mencari tempat wisata yang menyenangkan dan bermanfaat di Malang, maka Museum Angkut adalah jawabannya.

  • Batu Night Spectacular

Batu Night Spectaculer Malang

Buat kamu yang menyukai jalan-jalan di malam hari, ada pilihan tempat wisata yang tepat bagi kamu. Yakni Batu Night Spectacular atau BNS yang berkonsep one stop entertaiment. Disini kamu bisa berwisata kuliner, bermain dan belajar di satu tempat.

Bagi kamu yang suka berbelanja atau ingin membeli oleh-oleh untuk keluarga, sahabat maupun orang terdekat, ada area night market di dalamnya. Yang dijamin bisa bikin tangan kamu gatal untuk memilih ini dan itu, seperti halnya berbelanja di Malioboro.

  • Pantai Sendiki

Pantai Sendiki Malang

Setelah membahas destinasi wisata yang penuh dengan wahana buatan tangan manusia, sekarang kita akan membahas mengenai wisata pantai yang indah dan damai di Malang. Yakni Pantai Sendiki. Kenapa dibilang damai, bukankah wisata pantai pasti ramai?

Sebenarnya, pengunjung Pantai Sendiri masih belum terlalu banyak, tapi bukan berarti kalau pantai ini jelek. Keindahannya nggak perlu diragukan lagi, karena pasir putihnya berpadu dengan air laut yang memiliki 2 warna biru.

Kalau kamu tidak terlalu suka dengan tempat wisata yang ramai, maka pantai yang berasa di wilayah Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan, Malang ini adalah tempat yang tepat. Menghabiskan waktu di tempat ini akan membuat kamu merasa seperti memiliki private beach.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Sebenarnya, setiap kota memiliki caranya sendiri untuk menyambut wisatawan yang berkunjung, pun begitu halnya dengan Kota Batu ini. Ketika kamu memiliki rencana untuk berlibur ke daerah Malang, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Seperti :

  • Malang memiliki suhu udara yang tergolong dingin dan kering. Karena itu, bawalah beberapa baju hangat agar kamu tidak mudah masuk angin. Selain itu, jangan lupa juga untuk menggunakan tabir surya agar kelembapan kulitmu tetap terjaga.
  • Sedia payung sebelum hujan, pepatah ini berlaku saat kamu berlibur ke Kota Malang. Karena hujan terkadang sering turun secara mendadak, sekalipun ketika berada di musim kemarau.
  • Terakhir, warga Kota Malang sangat mencintai kesebelasan bolanya, yakni Arema Malang. Jadi, jika kamu, teman maupun keluargamu berlibur ke kota ini, jangan membawa atribut berbau tim sepak bola domestik lain. Karena ditakutkan terjadi hal yang tidak diinginkan. Kalau perlu jangan memakai atribut sepakbola sama sekali, walaupun logo sekalipun.

Jadi, destinasi wisata manakah yang sudah menarik perhatianmu?

Itulah beberapa destinasi wisata di Kota Malang, selain Gunung Bromo. Jangan lupa untuk menentutakn tempat wisata yang ingin dituju lebih dulu, bahkan lebih baik jika kamu sudah mempersiapkannya dari jauh-jauh hari supaya waktu liburanmu bisa lebih efektif. Happy holiday 🙂