Trip ke PhiPhi Island Thialnd

Salah satu tempat tujuan wisata yang ada di dalam wishlist saya adalah Thailand. Kenapa Thailand ?? Karena Thailand bisa dibilang mirip-mirip Indonesia, negara yang terdiri dari banyak pulau dan tentunya menyimpan segudang landscape laut yang sangat menarik.

Well, pada bulan Agustus 2017 kemarin akhirnya saya bersama 2 orang teman saya pergi untuk mengunjungi negeri gajah tersebut. Perjalanan kali ini bisa dibilang sudah sangat direncanakan, pasalnya kami bertiga sudah melakukan persiapan (booking hotel & tiket pesawat) dari jauh-jauh hari.

Drama pada waktu itu adalah “Delay”. Yup, pesawat yang kami akan naiki mengalami delay. Tidak tanggung-tanggung, penerbangan kami terpaksa harus diundur sampai dengan 6 jam lamanya ๐Ÿ™ . Seharusnya jadwal penerbangan kami adalah pukul 11.50 AM dan kami baru bisa berangkat pada pukul 18.00. “Bisa berantakan semua jadwal trip kalau begini !!” ucap saya waktu itu.

Kebetulan tiket yang kami beli waktu itu adalah Jakarta ke Phuket dengan transit terlebih dahulu di Singapore. Pemberangkatan dari Singapore adalah jam 18.00 sedangkan kami baru berangkat dari Jakarta pukul 18.00 sore. Tidak bisa berkata apa-apa, saya pasrah saja waktu itu.

Betul saja, sampai di Singapore kami sudah ketinggalan pesawat menuju Phuket yang memang jadwalnya berangkat pada pukul 18.00. Setelah proses yang cukup panjang, akhirnya pihak maskapai memberikan kami kompensasi untuk menginap 1 malam di Singapore dan ikut penerbangan ke Phuket besok paginya *Kesel sih, tapi ya mau diapain lagi*.

Malam itu kami mendapat akomodasi untuk menginap di Hotel Crowne Plaza, kebetulan lokasi hotel berada di kompleks bandara Changi, jadi gak perlu repot-repot untuk naik kendaraan (cukup jalan saja).

Hotel Crown Plaza Singapore

Kamar Hotel Crowne Plaza

Hotel Crowne Plaza

Kamar Mandi Hotel Crowne Plaza

Besok paginya kami melanjutkan penerbangan ke Phuket dari Singapore. Oh iya, di Phuket kami menginap di The Wide Condotel Hotel, letaknya agak ditengah-tengah kota Phuket dengan jarak tempuh kurang lebih 1 jam dari Bandara. Karena tidak mau rugi, hari pertama kami dihabiskan untuk mencoba semua fasilitas hotel ๐Ÿ˜€

The Wide Condotel Hotel Phuket

Tempat Duduk Santai (Rooftop)

Rooftop Hotel (Tempat Duduk Santai)

Kolam Renang di Rooftop

Tidak boleh ketinggalan, kami juga memutuskan untuk mampir ke restoran Thailand yang letaknya ada di sebrang hotel “Thai Noodles”. Restoran ini menjual berbagai macam menu olahan Mie dengan bumbu khas Thailand yaitu Tom Yam.

Makanan di Phuket Thailand

Nasi Hainam Singapore

Aneka Rasa Minuman (Tamarin, Lychee, Mangga)

Yang ini lupa namanya

Makanan di Phuket Thailand

Ini juga lupa namanya

Tom Yam Noodle with Seafood

Hari kedua kami bertiga mengikuti tour untuk menjelajahi Phi Phi Island. Beruntung kami masih dapat melakukan booking tour pada H-1 dan melakukan pembayaran secara online (menggunakan kartu kredit), maklum karena kami bertiga tidak membawa banyak baht hehehehe.

Rundown tour pada hari itu kurang lebih seperti dibawah ini :

• Pagi pukul 7.30 kami dijemput di Hotel dengan menggunakan Shuttle Bus
  • Berangkat ke Phi Phi Island pada pukul 08.30 pagi
  • Sight seeing Monkey Beach pada pukul 09.30 pagi
  • Snorkling
  • Lunch di Phi Phi Island
  • Sight seeing Viking Cave (Sesuai namanya, ditempat ini banyak sekali tengkorak manusia)
  • Mengunjungi Khai Nai Island untuk bersantai, minum & makan
  • Kembali ke Hotel pada pukul 17.30

Perjalanan ke Phi Phi Island dengan Speed Boat

Sebenarnya ada 2 pilihan untuk menuju ke Phi Phi Island, pertama yaitu menggunakan Cruise (kapal besar) atau menggunakan kapal cepat (Speed Boat), agar lebih private dan cepat kami memilih untuk menggunakan kapal cepat dalam tour ini (dengan tambahan biaya sekitar 200-300 baht).

Rombongan Tour Phi Phi Island

Sight Seeing, Monkey Beach

Rute pertama yang kami kunjungi adalah Monkey Beach. Kenapa namanya “Monkey Beach” ?? Karena disana ada pantai dan juga ada monyet, jadi tepat kalau diberi nama Monkey Beach *tepuk tangan buat saya* ๐Ÿ˜€

Jadi sebenarnya ini adalah salah satu pulau kecil tak berpenghuni yang terdiri dari tebing bebatuan, dan jika ada kapal yang mendekat maka para monyet akan turun dari tebing untuk menghampiri kapal tesebut.

Monkey Beach Thailand

Monkey Beach

Waktu yang diberikan kepada kami untuk Sight seeing di lokasi ini hanyalah 15 menit. Selain karena jadwal tour yang padat, tidak ada lagi yang bisa dilakukan di pulau ini.

Snorkling di daerah Kepulauan Phi Phi Island

Setelah melakukan sight seeing, agenda kami selanjutnya adalah Snorkling. Spot snorkling disini bisa dibilang cukup bagus dengan kedalaman antara 3-5 meter. Cuaca hari itu sangat cerah dan tidak berangin, cocok sekali untuk snorkling karena sedikit angin artinya laut akan semakin tenang (sedikit ombak).

Snorkling di Phi Phi Island Thailand

Terumbu Karang di Laut Thailand

Another Terumbu Karang

Ikan Nemo

Satu hal yang suka dari tempat ini selain terumbu karang adalah kebersihannya. Selama hampir 40 menit melakukan snorkling saya tidak menemukan adanya sampah seperti sampah plastik, makanan maupun dedaunan. Selain itu, para peserta tour disini juga tidak diizinkan untuk membawa biskuit pada saat snorkling, yupp biskuit biasanya dibawa untuk memancing ikan agar berdatangan (untuk foto). Jadi saya tidak heran jika air pada spot snorkling ini cukup jernih, minim angin dan juga tidak ada sampah. Luar biasaa *jempol*.

Waktunya Makan Siang

Setelah puas melakukan snorkling, rombongan kami merapat ke pulau Phi-Phi untuk makan siang dan melakukan explore pulau tersebut. Sekedar informasi, di pulau Phi-Phi ini bisa dipastikan bahwa makanan yang disediakan halal dan juga bebas 100% dari alkohol. Sesuai dengan informasi yang kami dapat dari tour guide, bahwa mayoritas penghuni Phi Phi island ini beragaman islam sehingga bisa dipastikan semua makanan disini halal.

Menu Makan Siang di Phi Phi Island

Kiri (Saya), Kanan (Kevin)

Spped Boat yang Kami Gunakan

Phi Phi Island

Sight Seeing & Berenang di Pileeh Lagoon

Sebenarnya ada 1 agenda sebelum kami menuju Pileh Lagoon yaitu melakukan sight seeing ke Viking Cave, namun karena waktunya yang sangat singkat dan tidak banyak yang bisa saya foto, makanya tidak saya masukan ke dalam cerita saya kali ini.

Tidak jauh dari Phi Phi Island, kami menuju ke Pileh Lagoon. Salah satu tempat favorit saya dalam tour ini ๐Ÿ™‚

Untuk bisa sampai ke Pileh Lagoon ini, kita harus melewati perairan dangkal dengan gugusan pulau-pulau kecil disekitarnya. Selain itu pemandangan berupa tebing-tebing tinggi dan air laut yang sangat jernih berwarna biru kehijauan juga sangat memanjakan mata, sungguh perpaduan yang luar biasa !

Pileh Lagoon Thailand

Kawasan Pileh Lagoon

Tebing Tinggi di sekitar Pileh Lagoon

Air yang jernih dan juga tenang tanpa ombak membuat tempat ini mejadi spot yang sangat cocok untuk berenang. Untunglah kami mendapat waktu sekitar 1 jam untuk berenang di lokasi ini, waktu yang cukup lama untuk menikmati indahnya landscape laut sekaligus pantai secara bersamaan. Oh iya, kedalaman air di lokasi ini berkisar antara 3 sampai dengan ย meter, jadi anda masih bisa melihat dasar ketika anda sedang berenang disini.

The Famous ‘Maya Bay’

Jika anda coba browsing dengan keyword Thailand/Phuket Trip atau Phi Phi Island trip, pastinya Maya Bay ini tidak pernah ketinggalan. Tempat ini merupakan salah satu tempat tujuan yang pasti akan masuk ke rundown tour ke Phi Phi Island. Jadi tidak usah heran jika ditempat ini sangat ramai. Hasil ngobrol saya dengan tour guide, di musim liburan Maya Bay ini bisa dikunjungi hingga ribuan orang sehari (luar biasaaaaahh).

Maya Bay Thailand

The Famous Maya Bay

Kiri (Saya), Tengah (Kalvin), Kanan (Kevin)

Mau abang pijit, neng ?

Maya Bay Thailand

Ramainya Maya Bay

Gaya dikit bolehlah

Satu hal cukup menarik di tempat ini adalah pasirnya yang sangat lembut sehingga memungkinkan kita untuk leluasa berjalan tanpa perlu menggunakan alas kaki. Lagi-lagi saya tidak menemukan sampah berserakan ditempat seramai ini. Good job untuk orang-orang disana yang tertib dan konsisten dalam menjaga kebersihan lokasi-lokasi wisatanya. Saya kasih 2 jempoll dehh ๐Ÿ˜€

Waktu sudah menunjukan pukul 3 saat itu dan sudah waktunya untuk kami berpindah lokasi dari Maya Bay ke Khai Nai Island yang merupakan lokasi terakhir yang akan kami kunjungi pada tour kali ini. Kami hanya istirahat, minum dan makan buah di Khai Nai Island dan tidak ada yang special dari pulau itu, jadi tidak perlu saya ceritakan yaa ๐Ÿ˜€

Selesai dari Khai Nai Island, agenda tour kami sudah habis dan kami kembali ke Phuket lalu menuju Hotel.

Tips Buat Kamu yang Ingin Mengikuti Tour Phi Phi Island

• The most important thing to bring adalah SUNBLOCK..ย Iya karena disana panasnya luar biasa, bahkan saya yang sudah menggunakan Sunblock dengan SPF 30 saja masih gosong ๐Ÿ™
  • Jangan lupa bawa handuk jika anda ingin tetap kering setelah melakukan snorkling ataupun berenang
  • Jangan lupa bawa Kamera, wahh ini penting karena rugi jika ke Phi Phi Island tapi tidak ada foto yang diabadikan
  • Tidak perlu khawatir soal minuman & makanan. Biasanya penyedia tour membawa banyak sekali minuman mulai dari air putih sampai dengan minuman bersoda untuk agenda tour anda selama 1 hari. Bahkan cemilan dari nanas juga disediakan oleh tour untuk mencegah anda dehidrasi dan kelaparan
  • Bawa uang tambahan untuk sekedar mampir membeli makanan atau koktail di Khai Nai Island
  • Pentingg ! Selalu dengarkan istruksi dari tour guide anda ketika mengikuti tour disana !

Soo, tunggu apalagi ?? Yuk cobain ke Phi Phi Island ๐Ÿ™‚

Next trip dari Phuket, Bangkok dalam waktu 2 hari.