Handara Gate Bali

Walaupun sudah pernah 2 kali ke Bali, jujur saya masih sangat excited soal liburan ke Bali. Gak tau kenapa, rasanya Bali sepertinya masih banyak menyimpan tempat-tempat menarik yang perlu untuk saya datangi. Salah satunya yang menarik perhatian saya belakangan ini adalah Bali Utara.

Yupp, Bali Utara maksudnya adalah bagian utara bali yang jarang sekali saya dengar sebelumnya karena saya cuma tau soal Seminyak, Denpasar dan Kuta 😀

1 Day Trip di Bali Utara

Di tahun 2019 ini saya memang berencana untuk kembali ke Bali, ya karena terakhir saya ke Bali adalah tahun lalu di Februari 2018. Dengan dukungan dari semesta, pada bulan September kemarin tiba-tiba ada promo penerbangan Jakarta-Bali dari AirAsia, kalo saya tidak salah harganya waktu itu sekitar 1.4 Juta PP dengan fasilitasn bagasi 15 Kg.

Tanpa pikir panjang, tiket PP bali langsung saya beli dan langsung mulai untuk melakukan tugas paling berat ketika ingin liburan/melakukan perjalanan : Buat Itinerary !!!

Oh iya, untuk trip ke Bali tahun ini cukup panjang, saya melakukan trip di Bali selama 7 hari 6 malam. Sekalian untuk melampiaskan kangen saya sama Bali. Nah, dari 7 hari lamanya itu, saya planned 1 hari khusus untuk explore Bali Utara.

Kemana aja di Bali Utara ?

Ada 2 tempat yang sudah menjadi wishlist saya di Bali Utara, mereka adalah Handara Gate & Sekumpul Waterfall. Kalo kalian coba cari di google atau di instagram pasti banyak banget foto-foto kece di 2 spot ini.

Handara Gate Bali

Jadi Handara Gate ini sebenernya adalah pintu masuk ke dalam Resort yang bernama Handara Golf & Resort Bali. Bentuknya seperti gapura dengan nuansa khas Bali. Yang membuatnya unik dan menarik adalah gapura ini cukup besar dengan latar belakang Gunung dan pepohonan dibelakangnya.

Menurut saya waktu terbaik untuk ke Handara Gate adalah pada saat sunrise. Waktu sunrise yang oke disana adalahs ekitar pukul 06.30 sampai 07.00 pagi. Biasanya di jam-jam segini lokasi masih sepi dan belum banyak pengunjung.

Berikut hasil foto-foto saya selama di Handara Gate ini :

Spot Foto Kece di Handara Gate Bali

Tips & Info buat kamu yang mau mampir foto-foto di Handara Gate ini :

• Pastikan kamu dateng pada saat waktu sunrise. Normalnya sunrise disana sekitar pukup 06.15 sampai jam 06.40 an. Kamu bisa cek di google untuk waktu sunrise yang lebih tepatnya.
  • Kamu bisa menggunakan mobil maupun motor untuk kesana, karena tempatnya lumayan luas dan cukup untuk spot parkir.
  • Untuk pengunjung yang ingin melakukan foto-foto di Handara Gate ini akan dikenakan biaya tiket sebesar Rp. 20.000 untuk sekitar 5 menit foto. Tapi kalo kamu datangnya pagi dan masih sepi, kamu bisa foto-foto sepuas kamu 😀
  • Selalu hati-hati ketika melakukan foto di Handara Gate. Kenapa ?? Karena sebenarnya ini adalah pintu masuk ke resort jadi artinya akan ada motor dan mobil yang lalu lalang disana.
  • Pake outfit yang kece yaa kalo mau foto disana, biar hasil fotonya maksimal.

Sekumpul Waterfall

Setelah selesai foto-foto di Handara Gate, selanjutnya saya pergi ke Sekumpul Waterfall. Sebagai informasi, di daerah Bali Utara ini terdapat banyak sekali air terjun diantaranya Sekumpul, Cukad Tepung, Gitgit, Fiji, dan lain-lain.

Perjalanan ke sekumpul dari Handara Gate terbilang cukup jauh sekitar 90 menit menggunakan mobil jika saya tidak salah. Waktu itu saya menggunakan Google Maps dan sempat nyasar dan dibawa ke jalanan yang sangat extreme sebelum akhirnya saya memutuskan untuk putar balik.

Quick Tips untuk kamu yang mengandalkan maps untuk pergi kesana, pastikan jalanannya masih memungkinkan untuk di lalui oleh kendaraan kamu (dalam hal ini mobil).

Air Terjun Sekumpul

Main air di Sekumpul Waterfall

Dekat dengan lokasi Sekumpul Waterfall sebenarnya terdapat 1 lagi air terjun yang bernama Fiji. Lokasi nya sekitar 500 meter dari Sekumpul. Jadi kalo kamu emang minat buat explore air terjun, kamu bisa juga cobain buat mampir dan main-main disana.

Rekomendasi Penginapan di Bali Utara

Untuk memastikan anda tidak membuang waktu dijalan atau kecapean dalam perjalanan, saya sarankan agar anda mencari penginapan di sekitar daerah Bali Utara. Pertimbangannya yang paling penting adalah waktu.

Dalam perjalanan saya kemarin, saya menginap di salah satu homestay yang harganya cukup murah dan nyaman. Namanya Pondok Nyoman Bedugul. Kamu bisa cari di aplikasi booking hotel seperti booking.com, traveloka, ataupun agoda. Untuk harga dikisaran 350 ribu semalam dengan tempat yang lumayan menarik.

Penginapan Pondok Nyoman Bedugul

Pondok Nyoman Bedugul

Ada balinese massage juga loh disini

Kolam renang dengan view bukit yang dipenuhi sawah

Tambahan info untuk penginapan Pondok Nyoman Bedugul :

• Parkirannya terbatas, waktu itu spot tempat parkirnya cuma bisa menampung 2 mobil. Tapi kalo kamu pake motor bisa parkir di area pondok.
  • Jarak antara parkiran mobil ke pondok lumayan jauh (sekitar 50 meter) dan mungkin agak sedikit merepotkan buat kamu yang bawa koper.
  • Kamarnya tidak dilengkapi AC karena memang lokasi pondok yang berada di daerah bedugul yang dingin.
  • Suasananya tenang dan hawa pegunungan banget, cocok pokoknya buat kamu yang pengen nyantai

Nah segitu dulu sharing saya kali ini mengenai trip saya di Bali Utara. Kalo kamu mau tanya-tanya terkait Bali Utara (tempat wisata, makanan, tempat nginap) kamu bisa langsung tulis di kolom komen atau bisa langsung DM saya di Instagram (profile ada di bagian sidebar ya :D)